PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Hariadi Kade. (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
sampul SKRIPSI.docx

Download (34kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran I kurikulum.docx

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran 2 kisi-kisi.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 3 instrument.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 4 data mentah.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 5 RPP.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Hariadi Kade. 2011. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Penerapan Metode Bercerita Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Nahrawi, M. Si dan Dra. Tatiana Maidina, M. Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan yang menunjukkan bahwa murid tunagrahita ringan kelas dasar V memiliki kemampuan berbahasa ekspresif terbilang sangat rendah. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan bahasa ekspresif dengan menerapkan metode bercerita pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui kemampuan bahasa ekspresif murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum dan penerapan metode ber-cerita, dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penerapan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif degan jenis penelitian deskriptif.. adapun populasi dalm penelitian ini sebanyak 5 orang murid. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Pembina Tk.Provinsi Sulawesi Selatan, Hal tersebut dapat dilihat dari: 1). Kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penerapan metode bercerita menunjukkan kategori tidak tuntas. 2). Kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan setelah penerapan metode bercerita menunjuk-kan kategori tuntas. 3). Terdapat peningkatan kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan dari kategori tidak tuntas menjadi kategori tuntas, berarti penerapan metode bercerita terbukti efektif meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:44
Last Modified: 10 Jan 2022 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item