Hariadi Kade. (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
sampul SKRIPSI.docx Download (34kB) |
|
Text
halaman depan.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran I kurikulum.docx Download (12kB) |
|
Text
Lampiran 2 kisi-kisi.docx Download (13kB) |
|
Text
Lampiran 3 instrument.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 4 data mentah.docx Download (13kB) |
|
Text
Lampiran 5 RPP.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Hariadi Kade. 2011. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Penerapan Metode Bercerita Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Nahrawi, M. Si dan Dra. Tatiana Maidina, M. Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan yang menunjukkan bahwa murid tunagrahita ringan kelas dasar V memiliki kemampuan berbahasa ekspresif terbilang sangat rendah. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan bahasa ekspresif dengan menerapkan metode bercerita pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui kemampuan bahasa ekspresif murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum dan penerapan metode ber-cerita, dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif murid tunagrahita ringan kelas dasar V Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penerapan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif degan jenis penelitian deskriptif.. adapun populasi dalm penelitian ini sebanyak 5 orang murid. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Pembina Tk.Provinsi Sulawesi Selatan, Hal tersebut dapat dilihat dari: 1). Kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penerapan metode bercerita menunjukkan kategori tidak tuntas. 2). Kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan setelah penerapan metode bercerita menunjuk-kan kategori tuntas. 3). Terdapat peningkatan kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan dari kategori tidak tuntas menjadi kategori tuntas, berarti penerapan metode bercerita terbukti efektif meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:44 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21645 |
Actions (login required)
View Item |