HASNIATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IVSDN RAPPOCINI I MAKASSAR.
Text
HASNIATI.docx Download (35kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (25kB) |
|
Text
Prakata.docx Download (20kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (39kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (54kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
12. Observasi Siswa Siklus II.docx Download (26kB) |
|
Text
14. Rekapitulasi Hasil Observasi Guru.docx Download (27kB) |
Abstract
Hasniati, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Rappocini I Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Dra. St. Nursiah. B., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Rappocini I Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Rappocini I Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Rappocini I yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, guru tidak mengarahkan pembentukan tim ahli yang akan membahas setiap bagian/sub bab sehingga pembentukan tim ahli kurang berjalan lancar sehingga hasil belajar siswa belum meningkat. Pada siklus II penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran sudah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian. Sebagai kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Rappocini I Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:06 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34684 |
Actions (login required)
View Item |