Munawwarah. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 23 KANAUNGAN KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.
Text
i. SAMPUL DEPAN.docx Download (95kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (114kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Lampiran 1. SILABUS.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 2. MATERI.docx Download (51kB) |
|
Text
Lampiran 4. RPP KONTROL.docx Download (944kB) |
|
Text
Lampiran 10. DATA HASIL PENELITIAN POSTEST.docx Download (28kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dimana pada analisis inferensial menggunakan uji-t namun sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diperlukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, Nilai rata-rata (mean) pretest kelas eksperimen yaitu 40,35 dan pretest kelas kontrol yaitu 40. Nilai rata-rata (mean) posttest kelas eksperimen yaitu 82,14 dan posttest kelas kontrol yaitu 72,14. Hasil pengujian hipotesis mendapatkan nilai signifikansi 0,039 yang berarti lebih kecil dibanding 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 23 kanaungan kecamatan labakkang kabupaten pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:18 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30047 |
Actions (login required)
View Item |