DEWI HARIANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI LARIANG BANGI 1 KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (25kB) |
|
Text
2. SAMPUL DALAM DAN DAFTAR ISI.docx Download (59kB) |
|
Text
3. BAB 1.docx Download (31kB) |
|
Text
4. BAB 2.docx Download (46kB) |
|
Text
5. BAB 3.docx Download (35kB) |
|
Text
5. BAB 3.docx Download (35kB) |
|
Text
7. BAB 5.docx Download (21kB) |
|
Text
6. BAB 4.docx Download (54kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.docx Download (181kB) |
|
Text
11.DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.docx Download (36kB) |
|
Text
10. DOKUMENTASI.docx Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup (C) sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 07:17 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 07:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29576 |
Actions (login required)
View Item |