NUR MILA SARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN TANGGUL PATOMPO I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL UTAMA.rtf Download (327kB) |
|
Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (157kB) |
|
Text
4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (82kB) |
|
Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf Download (42kB) |
|
Text
6 MOTTO.rtf Download (41kB) |
|
Text
7 ABSTRAK.rtf Download (48kB) |
|
Text
8 PRAKATA.rtf Download (73kB) |
|
Text
9 BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
10 BAB II.docx Download (43kB) |
|
Text
11 BAB III.docx Download (40kB) |
|
Text
12 BAB IV FIX.docx Download (92kB) |
|
Text
13 BAB V.docx Download (26kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (25kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus dan setiap siklus tediri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian adalah penerapan model pembelajaran CLIS dan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini yakni guru dan 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis data yaitu analisis data kualtatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah dapat/berhasil menerapkan langkah-langkah model CLIS terlihat dari aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik tetapi belum mencapai indikator keberhasilan karena guru belum sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena guru hampir sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran. Aktivitas murid pada siklus I berada pada kategori baik tetapi belum mencapai indikator keberhasilan karena masih ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena siswa sudah ikut aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan CLIS, hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 73 dan meningkat pada siklus II, karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 73. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tanggul Patompo I Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29573 |
Actions (login required)
View Item |