NUNU PARAMITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 162 DUMME KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI.
Text
1 SAMPUL.docx Download (24kB) |
|
Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING & PENGESAHAN NUNU.docx Download (45kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (14kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
5 PRAKATA.docx Download (16kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
Text
7 DAFTAR GAMBAR.docx Download (22kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.docx Download (25kB) |
|
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (26kB) |
|
Text
bab 1 sd 5.docx Download (98kB) |
|
Text
daftar pustaka dan lampiran.docx Download (4MB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Download (41kB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi dengan kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I masih Menunjukkan kategori kurang (K) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal ini ini diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alamdari kategori kurang (K) pada siklus II dan kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 May 2023 06:13 |
Last Modified: | 23 May 2023 06:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29063 |
Actions (login required)
View Item |