MASNAWIAH (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA BERLABEL PADA KELOMPOK BERMAIN MULIA MAKASSAR.
Text
01. SAMPUL.docx Download (16kB) |
||
Text
03. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
||
Text
05. ABSTRAK.docx Download (18kB) |
||
Text
04. PRAKATA.docx Download (21kB) |
||
Text
06. DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
||
Text
07. DAFTAR TABEL & GMBAR.docx Download (15kB) |
||
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
||
Text
09. KATA KENANGAN.docx Download (19kB) |
||
Text
10. BAB I.docx Download (54kB) |
||
Text
11. BAB II.docx Download (56kB) |
||
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
||
Text
16. RENCANA INSTRUMEN PENELITIAN.docx Download (39kB) |
||
Text
17. RKH (RENCANA KEGIATAN HARIAN).docx Download (28kB) |
||
|
Image
001.jpg Download (193kB) | Preview |
|
|
Image
002.jpg Download (349kB) | Preview |
|
|
Image
003.jpg Download (227kB) | Preview |
Abstract
MASNAWIAH, 2012. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain dengan Benda-benda Berlabel pada Kelompok Bermain Mulia Makassar Usia 5-6 Tahun Kecamatan Panakukang Kota Makasar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. dan Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan membaca permulaan melalui benda-benda berlabel di kelompok bermain Mulia dan apakah melalui bermain dengan benda-benda berlabel kemampuan membaca permulaan anak meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah menggunakan benda-benda berlabel dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan bagi kelompok bermain mulia usia 5-6 tahun. Subyek penelitian 11 orang anak yaitu 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan serta 1 orang guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui bermain dengan benda-benda berlabel dilaksanakan dengan 1) menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal, 2) membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama pada label yang berbeda, 3) mencari huruf yang sama pada label yang berbeda dan 4) meniru huruf / mencocokkan huruf dengan label. Dengan bermain benda-benda berlabel dapat menarik perhatian anak sehingga dapatmengembangkan kemampuan membaca permulaan anak dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik karena benda-benda berlabel tersebut sering dijumpai di sekitar anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:55 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25680 |
Actions (login required)
View Item |