PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD INPRES LOSSO KECAMATAN SAMPAGA KABUPATEN MAMUJU

JUMASNI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD INPRES LOSSO KECAMATAN SAMPAGA KABUPATEN MAMUJU.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (56kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (54kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN 1-8 (RPP & LKS).docx

Download (56kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN 9-12 (kartu pasangan).docx

Download (28kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN 17-20 (Observasi murid).docx

Download (45kB)
[img] Text
14. DOKUMENTASI.docx

Download (489kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (25kB)

Abstract

Jumasni. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SD Inpres Losso Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Dr. Suarlin, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas IV SD Inpres Losso Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas IV SD Inpres Losso Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SD Inpres Losso yang berjumlah 30 murid. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil belajar murid. Kemampuan murid dalam menjawab soal dari setiap siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu nilai rata-rata hasil belajar IPS pada Siklus I yaitu 64 berada pada kategori belum tuntas, selanjutnya pada Siklus II meningkat dengan nilai rata-rata hasil belajar murid yaitu 75,83 berada pada ketegori tuntas. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Losso Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:47
Last Modified: 28 Nov 2023 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34812

Actions (login required)

View Item View Item