PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IVSDN RAPPOCINI I MAKASSAR

HASNIATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IVSDN RAPPOCINI I MAKASSAR.

[img] Text
HASNIATI.docx

Download (35kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (25kB)
[img] Text
Prakata.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
12. Observasi Siswa Siklus II.docx

Download (26kB)
[img] Text
14. Rekapitulasi Hasil Observasi Guru.docx

Download (27kB)

Abstract

Hasniati, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Rappocini I Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Dra. St. Nursiah. B., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Rappocini I Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Rappocini I Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Rappocini I yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, guru tidak mengarahkan pembentukan tim ahli yang akan membahas setiap bagian/sub bab sehingga pembentukan tim ahli kurang berjalan lancar sehingga hasil belajar siswa belum meningkat. Pada siklus II penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran sudah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian. Sebagai kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Rappocini I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:06
Last Modified: 20 Nov 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item