PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VSD NEGERI KOMPLEKS IKIP MAKASSAR

HARDIANI (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VSD NEGERI KOMPLEKS IKIP MAKASSAR.

[img] Text
2. HALAMAN JUDUL (hardiani).docx

Download (24kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMB. (hardiani).docx

Download (24kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN (hardiani).docx

Download (21kB)
[img] Text
6. MOTTO (hardiani).docx

Download (16kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN (hardiani).docx

Download (20kB)
[img] Text
7. ABSTRAK (hardiani).docx

Download (18kB)
[img] Text
8. PRAKATA (hardiani).docx

Download (23kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI (hardiani).docx

Download (20kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR (hardiani).docx

Download (22kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL (hardiani).docx

Download (23kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN (hardiani).docx

Download (22kB)
[img] Text
A. BAB I (hardiani).docx

Download (38kB)
[img] Text
B. BAB II (hardiani).docx

Download (52kB)
[img] Text
F. DAFTAR PUSTAKA (hardiani).docx

Download (31kB)
[img] Text
M. LAM. 10 hardiani (Tabel Frekuensi Statistik Deskriptif).docx

Download (60kB)
[img] Text
N. LAM 11 hardiani (Analisis statistik inferensial).docx

Download (73kB)
[img] Text
S. LAM 18 hardiani (dokumentasi kegiatan).docx

Download (989kB)
[img] Text
T. LAM 19 hardiani(riwayat hidup).docx

Download (27kB)

Abstract

Hardiani, 2014, Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tinggi dan rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah faktor motivasi dan minat belajar. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas untuk mengikuti pelajaran serta minat yang rendah dapat membuat siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel yang menjadi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak empat puluh sembilan orang, Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Motivasi belajar matematika berada pada kategori sedang. Kedua: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Minat belajar matematika berada pada kategori cukup tinggi. Ketiga: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Hasil belajar matematika berada pada kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:47
Last Modified: 16 Nov 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item