Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar. E-TA.

MASTURA (2023) Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar. E-TA.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (62kB)
[img] Text
L. OB. 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
L. OB. 2.docx

Download (26kB)
[img] Text
L. URAIAN SIKLUS I & II.docx

Download (60kB)
[img] Text
RPP 1.docx

Download (36kB)
[img] Text
RPP 2.docx

Download (35kB)

Abstract

MASTURA 2014. Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar. E-TA. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Dr. Wahira, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Pendekatan sains teknologi masyarakat (STM), dan 2) Hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar IPA siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar IPA siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No 183 Inpres Kampung Parang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:23
Last Modified: 18 Oct 2023 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34377

Actions (login required)

View Item View Item