PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

SUKMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
halaman depan sampul.docx

Download (40kB)
[img] Text
halaman pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (54kB)
[img] Text
halaman prakata, moto,dll..docx

Download (32kB)
[img] Text
hasil cu'ma.docx

Download (129kB)
[img] Text
lampiran 4 & 5 observasi guru siklus I.docx

Download (43kB)
[img] Text
lampiran 16 & 17 ANALISIS SIKLUS.docx

Download (39kB)
[img] Text
lampiran 18 & 19NILAI TES SIKLUS.docx

Download (24kB)
[img] Text
lampiran 23dokumentasi.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (539kB)

Abstract

Sukmawati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari atas tiga kali pertemuan dengan prosedur kegiatan meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Hal ini diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:46
Last Modified: 16 Oct 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34339

Actions (login required)

View Item View Item