PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MUNAWARAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (66kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
16 & 17 OBSERVASI GURU PERTEMUAN 1 & 2 SIKLUS II.docx

Download (40kB)
[img] Text
18 & 19 OBSERVASI SISWA PERTEMUAN 1 & 2 SIKLUS II.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 25.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (57kB)

Abstract

Munawarah, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra,S.Kom,.M.Pd dan Dr. Latang, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Perumnas Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rapppocini Kota Makassar melalui penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain dan hasil belajar IPA siswa. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari siklus I dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II serta aktivitas mengajar guru dan belajar siswa yang meningkat pada setiap pertemuan yaitu pada siklus I pertemuan I dan II dengan kategori cukup yang meningkat pada siklus II pertemuan I dan II dengan kategori baik. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:41
Last Modified: 03 Aug 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33359

Actions (login required)

View Item View Item