PENGARUH METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR

MUSDALIFA ACHMAD (2023) PENGARUH METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul.doc

Download (50kB)
[img] Text
2. Halaman Judul.doc

Download (51kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.doc

Download (45kB)
[img] Text
6. Moto.doc

Download (28kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (28kB)
[img] Text
7. Abstrak.doc

Download (34kB)
[img] Text
8. Prakata.doc

Download (35kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.doc

Download (37kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.doc

Download (32kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.doc

Download (36kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.doc

Download (44kB)
[img] Text
13. Bab I REVISI.docx

Download (36kB)
[img] Text
14. Bab II REVISI.docx

Download (58kB)
[img] Text
15. Bab III REVISI.docx

Download (34kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1. SILABUS.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 14. PENGKATEGORIAN HASIL BELAJAR.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN 15. LO GURU.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN 16 LO SISWA.docx

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN 17. DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (220kB)

Abstract

Musdalifa Achmad, 2017. Pengaruh Metode Preview, Question, Read,Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Adapun permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran metode PQ4R pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 sebelum dan setelah menggunakan metode PQ4R? (3) Apakah terdapat pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan metode PQ4R pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 sebelum dan setelah menggunakan metode PQ4R. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test melalui bantuan SPSS. Pada analisis deskriptif, hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar sebelum (pretest) tergolong sangat kurang dengan rata-rata sebesar 46,72 dan setelah pembelajaran (posttest) dengan menggunakan metode PQ4R tergolong cukup dengan rata-rata sebesar 67,41. Pada analisis inferensial, hasil uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat menjawab hipotesis yaitu H0 ditolak yang berarti penggunaan metode PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:39
Last Modified: 21 Jul 2023 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33130

Actions (login required)

View Item View Item