PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURHANDAYANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
2 sampul 2.docx

Download (37kB)
[img] Text
3 persetujuan.docx

Download (48kB)
[img] Text
4. pengesahan.docx

Download (45kB)
[img] Text
6. motto.docx

Download (17kB)
[img] Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
7. abstrsk.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. prakata.docx

Download (21kB)
[img] Text
9. daftar isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
10. daftar gambar.docx

Download (17kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
13. Bab 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
14. Bab 2.docx

Download (36kB)
[img] Text
15. Bab 3.docx

Download (29kB)
[img] Text
16. Bab 4.docx

Download (75kB)
[img] Text
17. Bab 5.docx

Download (22kB)
[img] Text
25. nilai siklus 1 & 2.docx

Download (33kB)
[img] Text
27. ft.docx

Download (6MB)
[img] Text
29 riwayat hidup.docx

Download (34kB)

Abstract

Nurhandayana, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd, M.Pd dan Dr. Rudi Amir, M.Pd; Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, adapun rumusan masalah yaitu, bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn SD Negeri Tidung ? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model Numbered Head Together dan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siklus 1 berada pada kategori tidak tuntas menjadi kategori tuntas pada siklus II dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:19
Last Modified: 21 Jul 2023 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33122

Actions (login required)

View Item View Item