PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD INPRES PERUMNAS 1 KELURAHAN BONTO MAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI MIRNAWATI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD INPRES PERUMNAS 1 KELURAHAN BONTO MAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul depan.docx

Download (21kB)
[img] Text
2 sampulku inn.docx

Download (54kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
4 BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
5 BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
9 Lampiran 1.docx

Download (25kB)
[img] Spreadsheet
10 lampiran 3 validasi angket uji lapangan.xlsx

Download (45kB)
[img] Text
11 Lampiran 4.2.docx

Download (21kB)
[img] Text
14 FOTO.docx

Download (2MB)
[img] Text
103 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (80kB)

Abstract

Andi Mirnawati. 2016, Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kel. Bonto Makkio Kec. Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin M. Si dan Dr. Andi Nurochmah, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar, mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelian ini adalah penelitian Ex Post Facto yaitu mendeskripsikan penyebab-penyebab terhadap peristiwa yang sudah terjadi, dimana peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena perwujudan variabel tersebut sudah terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 210 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa yang terdiri dari kelas IVA sebanyak 17 siswa, kelas IVB sebanyak 21 siswa, dan kelas V sebanyak 34 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu motivasi siswa dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah, hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori rendah dan sisanya berada pada kategori tinggi yang dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:13
Last Modified: 17 Jul 2023 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item