PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES UJUNG PANDANG BARU KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

IRA PERMATASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES UJUNG PANDANG BARU KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0. Sampul Luar.docx

Download (22kB)
[img] Text
1. Sampul Dalam.docx

Download (20kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. Moto.docx

Download (17kB)
[img] Text
5. Pertanyaan Keaslian Skripsi.docx

Download (13kB)
[img] Text
6. Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (18kB)
[img] Text
8. Daftar Isi, Tabel, Gambar & Lampiran.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 1 - 7.docx

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran 8 - 15.docx

Download (58kB)
[img] Text
Lampiran 16 - 21.docx

Download (60kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (103kB)

Abstract

Ira Permatasari, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. dan Farida Febriati, S.S., M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan faktor siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui mereduksi data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan dinilai dari dua aspek yaitu proses dan hasil. Proses pembelajaran aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Proses pembelajaran aktivitas siswa siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V yang pada siklus I berada pada kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik sekali. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:41
Last Modified: 12 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32850

Actions (login required)

View Item View Item