IRA PERMATASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES UJUNG PANDANG BARU KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.
Text
0. Sampul Luar.docx Download (22kB) |
|
Text
1. Sampul Dalam.docx Download (20kB) |
|
Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx Download (24kB) |
|
Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (14kB) |
|
Text
4. Moto.docx Download (17kB) |
|
Text
5. Pertanyaan Keaslian Skripsi.docx Download (13kB) |
|
Text
6. Abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
7. Prakata.docx Download (18kB) |
|
Text
8. Daftar Isi, Tabel, Gambar & Lampiran.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
|
Text
Lampiran 1 - 7.docx Download (51kB) |
|
Text
Lampiran 8 - 15.docx Download (58kB) |
|
Text
Lampiran 16 - 21.docx Download (60kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (103kB) |
Abstract
Ira Permatasari, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. dan Farida Febriati, S.S., M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan faktor siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui mereduksi data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan dinilai dari dua aspek yaitu proses dan hasil. Proses pembelajaran aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Proses pembelajaran aktivitas siswa siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V yang pada siklus I berada pada kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik sekali. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32850 |
Actions (login required)
View Item |