PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MONCOBALANG 1 KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

SITTI AMINAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MONCOBALANG 1 KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
2 SAMPUL JUDUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (1MB)
[img] Text
4 MOTO, ABSTAK, PRAKATA, DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
5 BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
6 BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
7 BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
1 SIKLUS I.docx

Download (1MB)
[img] Text
2 HASIL TES MENULIS KARANGAN NARASI SIKLUS I.docx

Download (23kB)
[img] Text
3 HASIL PENGAMATAN GURU DAN SISWA.docx

Download (34kB)
[img] Text
4 SIKLUS II.docx

Download (720kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN PEKERJAAN SISWA DAN SURAT.docx

Download (0B)
[img] Text
9 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
11 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

SITTI AMINAH, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Drs. Muslimin, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menulis karangan narasi. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperati tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten gowa. pendekatan yang digunakan adalah pendekaran kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dan hasil belajar menulis karangan narasi siswa. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan semua siswa kelas IV SDN Mocobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 28 orang siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian segi proses mengajar guru siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang, pertemuan 2 berada pada kategori kurang dan proses belajar siswa dimana pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang, pertemuan 2 berada pada kategori kurang sedangkan dari segi mengajar guru siklus II pertemuan 1 berada pada kategori cukup, pertemuan 2 berada pada kategori baik dan proses belajar siswa dimana pada siklus II pertemuan 1 berada pada kategori baik, pertemuan 2 berada pada kategori baik. Demikian pula hasil belajar dalam menulis karangan narasi siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, setelah dilaksanakan siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:15
Last Modified: 11 Jul 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32841

Actions (login required)

View Item View Item