NIRMAWATI (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
ABSTRAK NIRMA.docx Download (113kB) |
|
Text
BAB 1 fix.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 - 10 hal 66,92.docx Download (52kB) |
|
Text
Lampiran 11.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 24.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penguatan positif yang diberikan oleh guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penguatan positif siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?, (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?, (3) Apakah ada hubungan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran penguatan positif siswa, (2) gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan (3) hubungan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 123 siswa. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis analisis korelasional menggunakan Uji Karl Person. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Normality Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penguatan positif berada pada kategori sedang dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori sedang. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 01:55 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31908 |
Actions (login required)
View Item |