HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NIRMAWATI (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK NIRMA.docx

Download (113kB)
[img] Text
BAB 1 fix.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 - 10 hal 66,92.docx

Download (52kB)
[img] Text
Lampiran 11.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 24.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penguatan positif yang diberikan oleh guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penguatan positif siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?, (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?, (3) Apakah ada hubungan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran penguatan positif siswa, (2) gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan (3) hubungan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 123 siswa. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis analisis korelasional menggunakan Uji Karl Person. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Normality Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penguatan positif berada pada kategori sedang dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori sedang. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:55
Last Modified: 27 Jun 2023 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31908

Actions (login required)

View Item View Item