Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

RICHARD YUSUF ERARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

[img] Text
MOTTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
Prakata baru.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Gambar.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
SIKLUS I.docx

Download (857kB)
[img] Text
siklus 2.docx

Download (3MB)
[img] Text
Foto Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

RICHARD YUSUF ERARI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Skripsi. Dibimbing oleh. Drs.Latri Aras, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi produksi, transportasi, dan komunikasi pada kelas IV B SD Inpres nggulan BTN Pemda dan apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi produksi, transportasi, dan komunikasi pada siswa kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaan Picture And Picture pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Inpres BTN Pemda dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan aktivitas guru maupun siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar. Fokus pada penilitian adalah penerapan model pembelajaran pada proses dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Unggulan BTN Pemda, selama bulan Februari 2017 tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek adalah guru dan siswa kelas IV B SD Inpres Unggulan BTN Pemda yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 26 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik pengamatan, tes hasil belajar dan dokumen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh secara tuntas apabila siswa mencapai KKM ≥75. Adapun hasil aktifitas mengajar guru pada siklus I belum berhasil yakni memperoleh persentase ketuntasan 71,4 % dengan kategori (C) dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan 90,4 % dengan kategori (B). Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I belum berhasil yakni memperoleh presentase ketuntasan 61,9 % dengan kategori (K) dan pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 85,7 % dengan kategori (B).Maka bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil mengajar guru dan hasil belajar siswa pada SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:28
Last Modified: 21 Jun 2023 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30826

Actions (login required)

View Item View Item