PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 BIRINGERE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

AHMAD FADLI (2023) PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 BIRINGERE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
1 Hal.Judul.docx

Download (39kB)
[img] Text
3 , 4 pernyataan keaslian.docx

Download (17kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISIku.docx

Download (22kB)
[img] Text
Skirpsi bab 1.docx

Download (33kB)
[img] Text
Skripsi bab 2.docx

Download (38kB)
[img] Text
Skripsi bab 3.docx

Download (43kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (29kB)
[img] Text
L1 (P1S1).docx

Download (75kB)
[img] Text
L2 (P2S1).docx

Download (64kB)
[img] Text
L3 (P1S2).docx

Download (64kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (82kB)

Abstract

AHMAD FADLI. 2016. Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan, setiap siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode discovery dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai yang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis data kualitatif dan tekhnik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukan kategori cukup dan siklus II menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:46
Last Modified: 16 Jun 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item