PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 23 KANAUNGAN KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

Munawwarah. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 23 KANAUNGAN KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
i. SAMPUL DEPAN.docx

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 1. SILABUS.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 2. MATERI.docx

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran 4. RPP KONTROL.docx

Download (944kB)
[img] Text
Lampiran 10. DATA HASIL PENELITIAN POSTEST.docx

Download (28kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dimana pada analisis inferensial menggunakan uji-t namun sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diperlukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, Nilai rata-rata (mean) pretest kelas eksperimen yaitu 40,35 dan pretest kelas kontrol yaitu 40. Nilai rata-rata (mean) posttest kelas eksperimen yaitu 82,14 dan posttest kelas kontrol yaitu 72,14. Hasil pengujian hipotesis mendapatkan nilai signifikansi 0,039 yang berarti lebih kecil dibanding 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 23 kanaungan kecamatan labakkang kabupaten pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:18
Last Modified: 15 Jun 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30047

Actions (login required)

View Item View Item