Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar

Riski Wahyuninsi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar.

[img] Text
01.SAMPUL.docx

Download (48kB)
[img] Text
03.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
04.MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
05.ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
07.PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
08.DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN HASIL.doc

Download (116kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.docx

Download (103kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 16-lampiran 21.docx

Download (146kB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar?. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar yang berjumlah 325 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN No. 115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar yang berjumlah 55 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah Proposive Sampling. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan instrument tes berupa pilihan ganda selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data Pretest dan Posttest, diperoleh hasil belajar PKn siswa dengan rata-rata (mean) sebesar 60,71 dan 82,14 dengan sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:57
Last Modified: 15 Jun 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item