Riski Wahyuninsi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar.
Text
01.SAMPUL.docx Download (48kB) |
|
Text
03.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
04.MOTTO.docx Download (16kB) |
|
Text
05.ABSTRAK.docx Download (24kB) |
|
Text
07.PRAKATA.docx Download (21kB) |
|
Text
08.DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN HASIL.doc Download (116kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.docx Download (103kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 16-lampiran 21.docx Download (146kB) |
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar?. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar yang berjumlah 325 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN No. 115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar yang berjumlah 55 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah Proposive Sampling. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan instrument tes berupa pilihan ganda selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data Pretest dan Posttest, diperoleh hasil belajar PKn siswa dengan rata-rata (mean) sebesar 60,71 dan 82,14 dengan sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No.115 Inpres Galesong Kabupaten Takalar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:57 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30042 |
Actions (login required)
View Item |