PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS V SD INPRES BTN IKIP II KOTA MAKASSAR

NURHIJRIANTI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS V SD INPRES BTN IKIP II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL AWAL.docx

Download (34kB)
[img] Text
sampul dll.docx

Download (88kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 19.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 19 FIX.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran 9 NILAI SIKLUS 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
lampiran 1.doc

Download (134kB)
[img] Text
Lampiran 2-3 P.1 S.1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (31kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.docx

Download (37kB)

Abstract

Nurhijrianti, 2016. Penerapan Stategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat Meningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd.,M.Pd dan Sumarlin Mus,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru 1 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa sehingga berada pada kategori baik yang menyebabkan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar IPS siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:10
Last Modified: 07 Jun 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29561

Actions (login required)

View Item View Item