NUR AZIZA KHERAWATI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TALLO TUA 1 KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL DEPAN SKRIPSI.docx Download (19kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (17kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK hera.docx Download (19kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
PEDOMAN PENSKORAN 4C &4D.docx Download (22kB) |
|
Text
PEDOMAN PENSKORAN 4C &4D.docx Download (22kB) |
|
Text
REKAPITULASI NILAI SIKLUS I DAN II LAMPIRAN II.docx Download (20kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP and foto kegiatan LAMPIRAN 12.docx Download (3MB) |
Abstract
Nur Aziza Kherawati, 2016, Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkat Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar, Skripsi dibimbing oleh Muhammad Irfan.S.Pd.M.Pd dan Dr. Ratmawati. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,asilatator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang menagalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian n siklus I menunjukkan bahwa dari 38 siswa kelas V sebanyak 27 siswa atau persentase 71,05% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 68,80 dengan indikator proses berada pada kategori Cukup (C) dan pada siklus ke II menunjukkan adanya peningkatan, dimana dari 38 siswa kelas V sebanyak 36 siswa atau persentase 94,74 % yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan indikator proses berada pada kategori Sangat Baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa penerapan pembelajaran strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:44 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29532 |
Actions (login required)
View Item |