PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TALLO TUA 1 KOTA MAKASSAR

NUR AZIZA KHERAWATI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TALLO TUA 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK hera.docx

Download (19kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
PEDOMAN PENSKORAN 4C &4D.docx

Download (22kB)
[img] Text
PEDOMAN PENSKORAN 4C &4D.docx

Download (22kB)
[img] Text
REKAPITULASI NILAI SIKLUS I DAN II LAMPIRAN II.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP and foto kegiatan LAMPIRAN 12.docx

Download (3MB)

Abstract

Nur Aziza Kherawati, 2016, Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkat Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar, Skripsi dibimbing oleh Muhammad Irfan.S.Pd.M.Pd dan Dr. Ratmawati. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,asilatator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang menagalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian n siklus I menunjukkan bahwa dari 38 siswa kelas V sebanyak 27 siswa atau persentase 71,05% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 68,80 dengan indikator proses berada pada kategori Cukup (C) dan pada siklus ke II menunjukkan adanya peningkatan, dimana dari 38 siswa kelas V sebanyak 36 siswa atau persentase 94,74 % yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan indikator proses berada pada kategori Sangat Baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa penerapan pembelajaran strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:44
Last Modified: 06 Jun 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item