PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 032 INPRES SUMARRANG KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

ABRAR ABIRA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 032 INPRES SUMARRANG KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
0. SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
1. Sampul kedua.docx

Download (127kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN RPP DAN SIKLUS 1 HASIL.docx

Download (98kB)
[img] Text
10. DATA HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS I.docx

Download (25kB)
[img] Text
15. DOKUMENTASI.docx

Download (5MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (2MB)

Abstract

Abrar Abira, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 032 Inpres Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbing oleh, Andi Dewi Riang Tati S.Pd, M.Pd dan Dr. Ratmawati T, M.Pd. Program Studi PGSD FIP UNM. Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 032 Inpres Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 032 Inpres Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 032 Inpres Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada ketegori cukup sedangkan hasil belajar pada siklus I juga berada dalam kategori cukup. Pada siklus II untuk observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah berada pada kategori sangat baik sedangkan hasil belajar berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 032 Inpres Sumarrang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 02:34
Last Modified: 29 May 2023 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item