PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKKASAR

VERA TRI UTAMI (2023) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKKASAR.

[img] Text
1 sampul skripsi.docx

Download (32kB)
[img] Text
2 sampul hal i.docx

Download (35kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (41kB)
[img] Text
4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
6 moto, abstrak, prakata.docx

Download (18kB)
[img] Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
7 Daftar Is1.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
11.DATA HASIL BELAJAR SIKLUS II (2).docx

Download (20kB)
[img] Text
12.Lembar Observasi Guru Siklus 2.docx

Download (26kB)
[img] Text
13.Lembar Observasi Siswa Siklus 2.docx

Download (37kB)
[img] Text
15.Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Vera Tri Utami. 2016. Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Kherunnisa, S.Pd.I., MA.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Gunung Sari II Makassar ditemukan permasalahan pembelajaran IPA. Guru kurang variatif/kreatif dalam mengajar di kelas, hanya menekankan pada penyampaian materi dan pemberian tugas. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, kurang antusias, kurang termotivasi dalam kegiatan diskusi, serta penggunaan media pembelajaran tidak maksimal. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah proses penerapan model snowball throwing dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV dan apakah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan model snowball throwing SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model snowball throwing dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui penerapan model snowball throwing di kelas IV SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alur setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dengan jumlah siswa 23 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar telah tercapai dengan kualifikasi baik (B). kesimpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajara snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:14
Last Modified: 24 May 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item