PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 162 DUMME KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

NUNU PARAMITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 162 DUMME KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING & PENGESAHAN NUNU.docx

Download (45kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
5 PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
7 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (22kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.docx

Download (25kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
bab 1 sd 5.docx

Download (98kB)
[img] Text
daftar pustaka dan lampiran.docx

Download (4MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi dengan kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I masih Menunjukkan kategori kurang (K) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal ini ini diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alamdari kategori kurang (K) pada siklus II dan kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 162 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:13
Last Modified: 23 May 2023 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item View Item