PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI JARI TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD TUNAS HARAPAN KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA

SAHARIAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI JARI TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD TUNAS HARAPAN KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul (2).docx

Download (26kB)
[img] Text
persetujuan mama abi.docx

Download (65kB)
[img] Text
motto.docx

Download (17kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR gambar.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR Tabel.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (21kB)

Abstract

Sahariah.2018. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Jari Tangan Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Tunas Harapan Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd dan M.Pd Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji adalah “bagaimana peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui jari tangan” dan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui jari tangan di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Tunas Harapan Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak melalui jari tangan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus ke II dilakukan 2 kali pertemuan, subyek penelitian ini adalah Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Tunas Harapan yang berjumlah 19 orang anak dan 3 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari: mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni bahwa jumlah anak yang mampu berhitung permulaan sebelum dilaksanakan tindakan kelas berjumlah 8 orang (42,1%). Hasil analisis data observasi menunjukkan bahwa jumlah anak yang mampu berhitung permulaan setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I terdapat 13 anak telah memahamidan mampu berhitung permulaan. Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II terdapat 16 anak telah memahami dan mampu berhitung permulaan. Dengan pencapaian indikator yang baik, sehingga kemampuan berhitung anak melalui jari tangan sudah meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:54
Last Modified: 02 Feb 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item