PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM HOLISTIK DI TAMAN KANAK-KANAK KAMBRIA BOSOWA MAROS

MARDIANAH (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM HOLISTIK DI TAMAN KANAK-KANAK KAMBRIA BOSOWA MAROS.

[img] Text
01. sampul.docx

Download (28kB)
[img] Text
02. sampul,abstrak dll.docx

Download (61kB)
[img] Text
03. Isi.docx

Download (88kB)
[img] Text
04. RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (22kB)
[img] Text
05. RENCANA KEGIATAN MINGGUAN.docx

Download (29kB)
[img] Text
06. FORMAT OBSERVASI ANAK.docx

Download (53kB)
[img] Text
07. instrumen.docx

Download (18kB)
[img] Text
08. FORMAT WAWANCARA GURU.docx

Download (28kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (1MB)

Abstract

MARDIANAH. 2014. Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Holistik di Taman Kanak-Kanak Kambria Bosowa Maros, Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah, S.Pd, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum Holistik dalam mengembangkan karakter kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab anak di Taman Kanak-Kanak Kambria Bosowa Maros?. Tujuan penelitian, Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam Implementasi kurikulum holistik dalam mengembangkan karakter kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab anak di TK Kambria Bosowa Maros.Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penilitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam implementasi kurikulum holistik di Taman Kanak-Kanak Kambria Maros yang di fokuskan pada pendeskripsian proses penyaluran pilar dua mandiri,disiplin, dan Tanggung jawab. Subyek penelitian guru kelas A1 dengan anak didik sebanyak 12, Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1). Pendidikan karakter pilar dua mandiri, disiplin dan tanggung jawab, untuk mengembangkan karakter mandiri, disiplin, dan tanggung jawab anak di Taman Kanak-Kanak kambria Bosowa Maros, dialirkan selama tiga minggu dengan sub pilar setiap minggunya, melalui kegiatan knowing (mengetahui), feeling (merasakan), dan action (mempraktekan) yang dilakukan dalam waktu lima hari dalam seminggu, knowing-feeling dilakukan mulai dari senin sampai kamis, dan action-feeling untuk sub pilar dilakukan pada hari jumat.2) Karakter mandiri dialirkan melalui indikator: Berusaha menyiapkan makanan dan minuman sendiri, Dapat makan dan minum sendiri, BAK dan BAB dengan pendamping,Melepas dan memakai sepatu sendiri, dan Membawa tas sendiri, 3) Karakter disiplin di alirkan melalui indikator: Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan, Mengikuti peraturan di kelas, Datang sekolah tepat waktu. 4) Karakter tanggung jawab di alirkan dengan indikator: Merapikan peralatan/mainan yang telah digunakan, Menjaga barang miliknya sendiri, Menjaga barang milik orang lain dan umum (misalnya: APE di sekolah, dll), Meminta maaf dan bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:21
Last Modified: 02 Dec 2022 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25927

Actions (login required)

View Item View Item