PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SHANDY PUTRA TELKOM KOTA MAKASSAR

Marsha Ramadhana Triani (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SHANDY PUTRA TELKOM KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul baru.docx

Download (28kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (20kB)
[img] Text
bab I (MARSHA).docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II (KMARSHA).docx

Download (50kB)
[img] Text
format guru rabu.docx

Download (19kB)
[img] Text
format guru selasa.docx

Download (19kB)
[img] Text
format observasi anak selasa.docx

Download (21kB)
[img] Text
format observasi anak rabu.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (114kB)

Abstract

Marsha Ramadhana Triani, 2014. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui bermain kartu kata pada anak didik Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom Makassar Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra.HJ.Bulkis Said, M. Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelah penggunaan bermain kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom.Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan bermain kartu kata pada anak Taman kanak-kanak Shandy Putra Telkom? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan membaca permulaan pada anak Taman Kanak-kanak melalui bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Selanjutnya jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Kemudian yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan membaca permulaan melalui bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom yang terletak di daerah makassar didalam komplek Telkom . Subjek penelitian ini adalah anak didik Palapa ditangani oleh 1 orang guru dan anak didik berjumlah 14 orang. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Selanjutnya berdasarkan data dari hasil penelitian menujukkan bahwa melalui penggunaan kartu kata dapat meningkatkan keamampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom, hal ini dapat dilihat dari anak sudah mampu menirukan 4-5 urutan kata, anak mampu membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama dan suku kata akhir yang sama, dan anak mampu menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkanya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:22
Last Modified: 02 Dec 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25903

Actions (login required)

View Item View Item