PENGARUH LATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMP KARTIKA XX-2 WIRABUANA MAKASSAR

FADHILLAH (2022) PENGARUH LATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMP KARTIKA XX-2 WIRABUANA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (44kB)
[img] Text
Lampiran depan.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dhila.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (52kB)
[img] Text
daftaar pustakaa.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 8 Uji Validitas.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 10 (hasil angket pretest).docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 11 (hasil angket posttest).docx

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran 17 Dokumentasi.docx

Download (13MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (55kB)

Abstract

Fadhillah. 2014. Pengaruh Latihan Berpikir Positif terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat efikasi diri akademik siswa sebelum dan setelah dilaksanakan latihan berpikir positif pada siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar? (2) Apakah ada pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat efikasi diri akademik siswa sebelum dan setelah dilaksanakan latihan berpikir positif pada siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan disain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang, dan jumlah sampel sebanyak 12 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efikasi diri akademik siswa di SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar sebelum diterapkan latihan berpikir positif berada pada kategori rendah, dan sesudah diterapkan latihan berpikir positif tingkat efikasi diri akademik siswa mengalami peningkatan, yaitu berada pada kategori tinggi. (2) Latihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar, artinya ada pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:24
Last Modified: 29 Aug 2022 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item