FADHILLAH (2022) PENGARUH LATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMP KARTIKA XX-2 WIRABUANA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (44kB) |
|
Text
Lampiran depan.docx Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR ISI dhila.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
bab III.docx Download (52kB) |
|
Text
daftaar pustakaa.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 8 Uji Validitas.docx Download (31kB) |
|
Text
Lampiran 10 (hasil angket pretest).docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 11 (hasil angket posttest).docx Download (46kB) |
|
Text
Lampiran 17 Dokumentasi.docx Download (13MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (55kB) |
Abstract
Fadhillah. 2014. Pengaruh Latihan Berpikir Positif terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat efikasi diri akademik siswa sebelum dan setelah dilaksanakan latihan berpikir positif pada siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar? (2) Apakah ada pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat efikasi diri akademik siswa sebelum dan setelah dilaksanakan latihan berpikir positif pada siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan disain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang, dan jumlah sampel sebanyak 12 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efikasi diri akademik siswa di SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar sebelum diterapkan latihan berpikir positif berada pada kategori rendah, dan sesudah diterapkan latihan berpikir positif tingkat efikasi diri akademik siswa mengalami peningkatan, yaitu berada pada kategori tinggi. (2) Latihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar, artinya ada pengaruh latihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik siswa SMP Kartika XX-2 Wirabuana Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24451 |
Actions (login required)
View Item |