ZULVIANI (2022) IMPLEMENTASI METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN HURUF b, d, m dan w DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DISLEKSIA KELAS DASAR II DI SDN 48 INP. GALUNG UTARA.
Text
SAMPUL.docx Download (23kB) |
||
|
Image
IMG_0001.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
IMG_0003.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I Baru.docx Download (26kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (49kB) |
||
Text
BAB III.docx Download (34kB) |
||
Text
BAB IV.docx Download (123kB) |
||
Text
bab V.docx Download (18kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.docx Download (22kB) |
||
Text
Lampiran 1.docx Download (13kB) |
||
Text
Lampiran 2.docx Download (21kB) |
||
Text
Lampiran 3.docx Download (27kB) |
||
Text
Lampiran 4.docx Download (39kB) |
||
Text
Lampiran 5.docx Download (69kB) |
||
Text
Lampiran 6.docx Download (40kB) |
||
Text
Lampiran 7.docx Download (403kB) |
||
|
Image
IMG_0002.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
IMG_0004.jpg Download (2MB) | Preview |
|
|
Image
IMG_0005.jpg Download (2MB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
||
Text
jurnal zulvi.docx Download (116kB) |
Abstract
ZULVIANI, 2018. “Implementasi Metode Multisensori Terhadap Peningkatan Kemampuan Pengucapan Huruf b, d, m dan w dalam Membaca Permulaan pada Anak Disleksia Kelas Dasar II di SDN 48 Inp. Galung Utara” Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M.Si dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan indentifikasi masalah dalam penelitian ini ditemukan seorang anak disleksia yang belum mampu membedakan huruf b dan d, m dan w dalam hal membaca permulaan di SDN 48 Inp. Galung Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan pengucapan huruf b, d, m, dan w dalam membaca permulaan pada anak disleksia di kelas 2 SDN 48 Inp. Galung Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia di kelas 2 SDN 48 Inp. Galung Utara melalui penerapan metode multisensori. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dalam bentuk single subyek research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak disleksia kelas 2 SD Negeri 48 Inp. Galung Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi yang disajikan dengan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan subjek pada fase baseline 1 tanpa adanya tindakan diperolah nilai yang berada pada kategori kurang dan setelah diberi intervensi berupa penerapan metode multisensori, kemampuan pengucapan huruf b, d, m, dan w dalam membaca permulaan subjek menunjukkan peningkatan yaitu nilai yang diperoleh berada pada kategori cukup, selanjutnya pada fase baseline 2 yaitu setelah penerapan metode multisensori dan tanpa diberikan intervensi, kemampuan pengucapan huruf b, d, m, dan w dalam membaca permulaan subjek menunjukkan kemajuan kearah yang lebih positif dan menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan pengucapan huruf b, d, m, dan w dalam membaca permulaan pada anak disleksia kelas dasar 2 di SDN 48 Inp. Galung Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 05:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 05:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22302 |
Actions (login required)
View Item |