Nur Hukal Jannah (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANIMASI PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
SamPul .docx Download (54kB) |
|
Text
sampul dkk.docx Download (82kB) |
|
Text
bab 1 dan III.docx Download (82kB) |
|
Text
BAB IV hasil.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB V,,.docx Download (21kB) |
|
Text
data hasil sebelum peneitian.docx Download (17kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
instrumen.docx Download (19kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (229kB) |
Abstract
NUR HUKAL JANNAH, 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan menggunakan Media Gambar Animasi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes. dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji kemampuan membaca permulaan melalui media gambar animasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar animasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar animasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Peubah dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar animasi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi penelitian adalah murid kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi selatan sebanyak 4 orang terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki-laki. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk tes dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum menggunakan media gambar animasi menunjukkan belum tuntas. 2) Kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan setelah menggunakan media gambar animasi menunjukkan tuntas. 3) Terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dari belum tuntas menjadi tuntas. Jadi, penggunaan media gambar animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21767 |
Actions (login required)
View Item |