IRA PERNANDA PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (35kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING Pasca Tutup ASNI.docx Download (40kB) |
|
Text
penting.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB 3.docx Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
lampiran 5.docx Download (28kB) |
|
Text
lampiran 5a.docx Download (23kB) |
|
Text
lampiran 5b.docx Download (24kB) |
|
Text
lampiran 5c.docx Download (23kB) |
|
Text
lampiran 5d.docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 7 Foto.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
Ira Pernanda Putri, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd. dan Hamzah Paggara. S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran role playing pada siswa kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas .PTK. PTK terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan dan prosedur pengumpuan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori tidak tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V Sd Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33104 |
Actions (login required)
View Item |