SOFYAN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 DUAMPANUA KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.
Text
SAMPUL.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (57kB) |
Abstract
Sofyan, 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing Widya Karmila Sari A, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Dan apakah pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan pendekatan saintifik terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang melalui penerapan pendekatan saintifik, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik, hasil belajar siswa, dan aktivitas pembelajaran. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran,baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan, dan pada siklus II dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus, dimana persentase ketuntasan siklus I dikategorikan tinggi, dan pada siklus II, dikategorikan tinggi pula dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 30 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:05 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33024 |
Actions (login required)
View Item |