NURHASANAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU BILANGAN PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU BINA INSANI MANDAI KABUPATEN MAROS.
Text
sampul-1.docx Download (43kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK-1.docx Download (18kB) |
|
Text
PRAKAT.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-1.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I-1.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II-1.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB III-1.docx Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA -2.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN PENILAIAN ANAK 1-1.docx Download (25kB) |
|
Text
Lampiran Rekapitulasi penilaian anak-1.docx Download (16kB) |
|
Text
lember observasi guru.docx Download (22kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (87kB) |
Abstract
NURHASANAH, 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kartu Bilangan pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Insani Mandai Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Herman, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Rusmayadi, S.Pd.,M.Pd . Program Studi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak yang masih rendah oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain kartu bilangan pada kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Insani Mandai Kabupaten Maros, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain kartu bilangan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Insani Mandai kabupaten Maros.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 19 anak Kelompok B di TK IT Bina Insani Mandai Kabupaten Maros yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam mengenal konsep bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu bilangan. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 75%. Setelah adanya tindakan Siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 81%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media permainan berupa kartu bilangan dan mendemonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bina Insani Kabupaten Maros.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 01:25 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 01:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26996 |
Actions (login required)
View Item |