I R M A I P A (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU MORAL ANAK PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK - KANAK PERTIWI BARUGA MAJENE.
Text
smpul ku.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB I-III.docx Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (61kB) |
|
Text
RKH I.docx Download (29kB) |
|
Text
RKH 2.docx Download (29kB) |
|
Text
Siklus I.docx Download (56kB) |
|
Text
Siklus II.docx Download (38kB) |
|
Text
GAMBAR.docx Download (5MB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (720kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
Abstract
Irmaipa, 2013. Penerapan metode bermain kartu gambar dalam mengembangkan perilaku moral anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Baruga Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri. Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku moral anak di TK Pertiwi Baruga Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan metode bermain kartu gambar dalam mengembangkan perilaku moral anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Baruga Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain kartu gambar dalam mengembangkan perilaku moral anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Baruga Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) penerapan metode bermain kartu gambar dan 2) perilaku moral anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok A TK Pertiwi Baruga Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain kartu gambar terdiri menyiapkan media yang akan digunakan yaitu kartu gambar,mengkondisikan anak dengan mengatur posisi duduk anak, memperlihatkan dan mengenalkan kepingan kartu gambar, melakukan percakapan singkat dan mengulas kartu gambar, membimbing anak dalam kegiatan kartu gambar, serta mengamati dan memberikan pujian dan motivasi anak dalam pembelajaran untuk melakukan bermain kartu gambar dapat mengembangkan perilaku moral anak terdiri anak terbiasa berbicara dengan ramah dan sopan, anak terbiasa berterima kasih jika menerima sesuatu, anak terbiasa meminta maaf apabila berbuat kesalahan, anak patuh terhadap orang yang lebih tua pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Baruga Majene.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 05:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 05:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25850 |
Actions (login required)
View Item |