Nur Safitri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 22 JERAE KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.
Text
1. SAMPUL.docx Download (56kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
3. MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
5. PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
7. BAB I, II, III, IV, DAN V.docx Download (97kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (28kB) |
|
Text
HASIL SIKLUS.docx Download (22kB) |
|
Text
TES SIKLUS 1.docx Download (160kB) |
|
Text
TES SIKLUS 2.docx Download (32kB) |
|
Text
15. DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.docx Download (76kB) |
Abstract
Nur Safitri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Adapun rumusan masalah yaitu, bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 12 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dapat memperbaiki proses mengajar guru yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persantase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dengan kategori cukup meningkat disiklus II dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 22 Jerae Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:06 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34814 |
Actions (login required)
View Item |