TRY APRIANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN 62 LOMPO PANINCONG KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG.
Text
02 Hal. Judul.docx Download (40kB) |
|
Text
03 Pernyatan Keaslian.docx Download (21kB) |
|
Text
04 Motto.docx Download (22kB) |
|
Text
05 Abstrak.docx Download (20kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.docx Download (18kB) |
|
Text
11 BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
12 BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
13 BAB III.docx Download (57kB) |
|
Text
16 Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
28 HASIL SIKLUS II.docx Download (31kB) |
|
Text
29 TES HURUF II.docx Download (18kB) |
|
Text
35 DOKUMENTASI.docx Download (33MB) |
|
Text
36 RIWAYAT HIDUP.docx Download (127kB) |
Abstract
TRY APRIANI, 2016. Penggunaan Media Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr.H.PattaBundu, M.Ed. dan Dr. Latang, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimanakah penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penggunaan media big book dan keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa aktivitas guru siklus I berada pada kategori baik (B), demikian juga pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat berada pada kategori baik (B). Sedangkan keterampilan membaca menunjukkan dari siklus I berada pada kategori cukup (C), menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media big book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 02:37 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 02:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34792 |
Actions (login required)
View Item |