PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN 62 LOMPO PANINCONG KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG

TRY APRIANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN 62 LOMPO PANINCONG KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
02 Hal. Judul.docx

Download (40kB)
[img] Text
03 Pernyatan Keaslian.docx

Download (21kB)
[img] Text
04 Motto.docx

Download (22kB)
[img] Text
05 Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
11 BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
12 BAB II.docx

Download (62kB)
[img] Text
13 BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
28 HASIL SIKLUS II.docx

Download (31kB)
[img] Text
29 TES HURUF II.docx

Download (18kB)
[img] Text
35 DOKUMENTASI.docx

Download (33MB)
[img] Text
36 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (127kB)

Abstract

TRY APRIANI, 2016. Penggunaan Media Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr.H.PattaBundu, M.Ed. dan Dr. Latang, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimanakah penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penggunaan media big book dan keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa aktivitas guru siklus I berada pada kategori baik (B), demikian juga pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat berada pada kategori baik (B). Sedangkan keterampilan membaca menunjukkan dari siklus I berada pada kategori cukup (C), menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media big book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN. 62 Lompo Panincong.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:37
Last Modified: 27 Nov 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34792

Actions (login required)

View Item View Item