PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS – TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA

JACK LAY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS – TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
cover.docx

Download (44kB)
[img] Text
moto.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Perbaikan.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I LATAR BELAKANG.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN RPP SIKLUS II.docx

Download (703kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (58kB)

Abstract

JACK LAY 2016. P e n e r a p a n M o d e l Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada SiswaKelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten BulukumbaHasil Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Perumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS – TS) untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian yaitu ingin melihat peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada mata pelajaran siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Babama Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 27 orang.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Belajar PKn dengan pokok bahasan memahami kebebasan organisasi terlihat meningkat ditinjau dari hasil siklus I dan meningkat pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas mengajar guru pada siklus I masuk pada kategori baik dan pada siklus II juga masuk dalam kategori baik pula. Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:34
Last Modified: 24 Nov 2023 08:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item