Monika Talle. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
halaman judul.docx Download (27kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.docx Download (75kB) |
|
Text
pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (51kB) |
|
Text
MOTO.docx Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
gambar media siklus I pertemuan 2.docx Download (48kB) |
|
Text
gambar media Siklus I pertemuan I.docx Download (109kB) |
|
Text
dokumentasi kegiatan.docx Download (9MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (49kB) |
Abstract
Monika Talle. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Picture and picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture dalam Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba? dengan tujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture dalam Meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Penerapan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan media gambar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, 2) hasil belajar IPA siswa yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus. Subjek Penelitian yakni guru dan 27 Siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas guru dan siswa pada siklus I masih menunjukan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II aktifitas guru dan siswa meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningktanya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe kabupaten Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:27 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34763 |
Actions (login required)
View Item |