PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 90 LENRANG KABUPATEN SOPPENG

NURLINA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 90 LENRANG KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
A. Sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
C. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (42kB)
[img] Text
E. Motto.docx

Download (13kB)
[img] Text
D. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (13kB)
[img] Text
F. Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
H. Daftar Isi.docx

Download (15kB)
[img] Text
I. Daftar Lampiran.docx

Download (17kB)
[img] Text
J. Isi.docx

Download (113kB)
[img] Text
O. Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Q. Riwayat Hidup.docx

Download (33kB)

Abstract

Nurlina. 2014. Penerapan Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Nur Abidah Idrus, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan problem solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan problem solving pada siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pendekatan problem solving dan hasil belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng yang berjumlah 16 Orang, terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan problem solving pada siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Hal itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori kurang, pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil tes siklus I masih berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada hasil tes siklus II mengalami peningkatan dan berada pada ketegori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 90 Lenrang Kabupaten Soppeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:44
Last Modified: 16 Nov 2023 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34648

Actions (login required)

View Item View Item