Sudaryanto (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.
Text
Sampul e-TA.docx Download (90kB) |
|
Text
Surat Keterangan Meneliti.docx Download (35kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (29kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (43kB) |
|
Text
Bab 3.docx Download (33kB) |
|
Text
Bab 4.docx Download (46kB) |
|
Text
Bab 5.docx Download (28kB) |
|
Text
Sampul Lampiran.docx Download (19kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (12kB) |
Abstract
Sudaryanto, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I, aktivitas guru berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat tinggi. Demikian pula dengan aktivitas siswa dimana pada siklus I, aktivitas siswa berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan penelitian. Hasil yang dicapai menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA mampu membentuk pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Sebagai kesimpulan, penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 168 Tulung Indah 2 Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34369 |
Actions (login required)
View Item |