PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES NO.196 BONTOLOE KECAMATAN ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO

SURIYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES NO.196 BONTOLOE KECAMATAN ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Sampul e-TA.docx

Download (91kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi, dll.docx

Download (25kB)
[img] Text
Anti Skripsi.docx

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran Anti.docx

Download (75kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (222kB)

Abstract

Suriyanti, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres No.196 Bontoloe Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres No.196 Bontoloe Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres No. 196 Bontoloe Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dicapai, pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar siswa berada padaka tegori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik serta hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres No. 196 Bontoloe Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:24
Last Modified: 18 Oct 2023 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item View Item