Ramlah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL UTAMA FIX.docx Download (57kB) |
|
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK DLL.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
1. SILABUS PEMBELAJARAN.docx Download (24kB) |
|
Text
22. Data Nilai Perolehan Hasi Tes Siklus I.docx Download (20kB) |
|
Text
23. Data Nilai Perolehan Hasil Tes Akhir Siklus II.docx Download (20kB) |
|
Text
DOKUMENTASI penelitian.docx Download (6MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Ramlah, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Dr. Latang, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VB. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas VB yang berjumlah 32 orang. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa sehingga berada pada kategori baik serta peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33145 |
Actions (login required)
View Item |