EVITRIA SANTI. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
i. SAMPUL.doc Download (83kB) |
|
Text
ii. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
iii. MOTTO.docx Download (15kB) |
|
Text
iv. ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
v. PRAKATA.docx Download (20kB) |
|
Text
vi. DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (63kB) |
|
Text
1. Silabus.docx Download (31kB) |
|
Text
22. Data Nilai Perolehan Tes Siklus I.docx Download (23kB) |
|
Text
Lampiran 25. Dokumentasi dan persu.docx Download (5MB) |
|
Text
24.rekapitulasi nilai tes I & II.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (42kB) |
Abstract
EVITRIA SANTI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd.,M.Pd. dan Khaerunnisa, S.Pd.,I.MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VB. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas VB SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwinguntuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas VB SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklusnya terdiri terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas VB yang berjumlah 36 orang. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa sehingga berada pada kategori baik serta peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkam bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 01:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33144 |
Actions (login required)
View Item |