PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NO. 103 INPRES HASANUDDIN KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS

KARTIKA PASRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NO. 103 INPRES HASANUDDIN KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.docx

Download (122kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.docx

Download (517kB)
[img] Text
9. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (29kB)

Abstract

Kartika Pasriani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD No. 103 Inpres Hasanuddin Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Hj Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD No. 103 Inpres Hasanuddin Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPA?, bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA ?, bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPA, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan dan seorang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas V sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan siklus II berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup kemudian pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD No. 103 Inpres Hasanuddin Kecamatan Mandai Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:44
Last Modified: 21 Jul 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item