PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FITRAYANI TAJUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL.docx

Download (31kB)
[img] Text
I. BAB I FITRA.docx

Download (29kB)
[img] Text
II. BAB II Kooperatif Leraning.docx

Download (65kB)
[img] Text
III. BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAnya.docx

Download (28kB)
[img] Text
1. SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (29kB)
[img] Text
30. DATA HASIL TES SIKLUS I.docx

Download (28kB)
[img] Text
15. RUBRIK PENILAIAN TES SIKLUS I.docx

Download (22kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Fitrayani Tajuddin, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr Hj Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah gambaran penerapan hasil belajar IPA di kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya berada pada kategori cukup menjadi kategori baik yang menyebabkan terjadinya peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa dari siklus I denagn persentase ketuntasan 19,23% meningkat ke siklus II dengan persentase 92%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:46
Last Modified: 18 Jul 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33071

Actions (login required)

View Item View Item