FITRAYANI TAJUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (84kB) |
|
Text
ABSTRAK DLL.docx Download (31kB) |
|
Text
I. BAB I FITRA.docx Download (29kB) |
|
Text
II. BAB II Kooperatif Leraning.docx Download (65kB) |
|
Text
III. BAB III.docx Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKAnya.docx Download (28kB) |
|
Text
1. SILABUS PEMBELAJARAN.docx Download (29kB) |
|
Text
30. DATA HASIL TES SIKLUS I.docx Download (28kB) |
|
Text
15. RUBRIK PENILAIAN TES SIKLUS I.docx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Fitrayani Tajuddin, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr Hj Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah gambaran penerapan hasil belajar IPA di kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya berada pada kategori cukup menjadi kategori baik yang menyebabkan terjadinya peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa dari siklus I denagn persentase ketuntasan 19,23% meningkat ke siklus II dengan persentase 92%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33071 |
Actions (login required)
View Item |