PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRESMINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nurfaidah (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRESMINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
1 halaman judul.docx

Download (1MB)
[img] Text
iii PRAKATA.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
1.2.3 rppsiklus 1 prtemuan 1.docx

Download (40kB)
[img] Text
4. L.O.S 1 SIKLUS 1.docx

Download (42kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (28kB)

Abstract

Nurfaidah, 2017. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Pembimbing I yaitu Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II yaitu Drs. Muhammad Faisal, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah rendahnya hasil belajar IPS dikelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Makassar, bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori “baik”, tetapi ketuntasan hasil belajar IPS hanya sebesar 35,48%. Hal ini menunjukan bahwa pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar belum tercapai sepenuhnya krena indikator yang ditetapkan pada pembelajaran IPS dikategorikan berhasil apabila 70% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥ 70. Dengan demikian tujuam pembelajaran belum tercapaai, sehigga pembelajaran dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik, Hasil belajar pada mata pelajaran IPS sebesar 80,65%. Hal ini meenunjukkan bahwa pada siklus II ketuntasan hasil belajar tercapai sepenuhnya Karena indikator yang ditetapkan pada pembelajaran IPS dikategorikan berhasil apabila 70% dari jumlah siswa mendapat nilai ≥ 70 oleh karena itu, guru dan peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:10
Last Modified: 18 Jul 2023 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33059

Actions (login required)

View Item View Item